-->

TV Sharp Gambarnya Menipis dan Agak Gelap

TV Sharp Gambarnya Menipis dan Agak Gelap

Gejala awal TV Sharp ini adalah gambarnya menipis dan juga sedikit agak gelap. Meskipun VR Secreen flyback di putar naik, gambar tetap saja tipis dan layar bergaris garis buku. TV Sharp ini model Batique slim 21". 

Langkah pertama saya lakukan pemeriksaan pada tegangan RGB yang ada di bagian matrix RGB. Saya ukur mulai dari RGB out R=1.8 volt, G= 1.6 volt dan B=18 volt dan saya ukur teg RGB katoda KR = 187 volt, KG=178 volt dan KB=178 volt. Ternyata semua tegangan pada blok RGB semuanya normal.

Pengukuran berlanjut pada tegangan di bagian Secreen, tegangan terukur 290 volt juga masih normal.
Sekarang beralih di bagian FBT langsung pada pin 10 jalur ABL. Saya ukur teg di jalur ABL ternyata semua tegangan 0 volt.

Jika dilihat dari fisik semua komponen, yang berhubungan dengan ABL masih terlihat OK gak ada yang gosong terbakar.

Kemudian saya coba urut kembali jalur di bagian ABL terutama jalur dari sumber tegangan supply ABL. Karena sepengetahuan saya, biasanya di supply dari tegangan B+125 volt atau tegangan video 185 volt.

Setelah saya teliti jalurnya, ternyata memang benar tegangan Supply tegangan di ambilkan dari teg Video 185 volt dengan menggunakan R 100k/R605. Disini saya mulai curiga pada R605 tersebut. Benar saja, setelah saya ukur ternyata resistor tadi sudah putus alias gak nyambung.

Letak R605 = 100k

Langsung saya ganti R 605 tadi dan saya coba hidupkan TV Sharp ini dan hasilnya, jreeeng....gambar kembali normal seperti sedia kala.

Sekian tips dari saya tentang bagaimana cara memperbaiki TV Sharp Gambarnya Menipis dan Agak Gelap. Semoga bisa bermanfaat.

2 Responses to "TV Sharp Gambarnya Menipis dan Agak Gelap"

  1. Sangat membantu sobat
    Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  2. Resistor yang berkode R603 itu putus setelah saya ganti gambarnya cerah tapi setelah beberapa menit kembali redup lagi mungkin r nya putus lagi kenapa ya saobat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel