-->

Cara memperbaiki TV sharp Great alexander yang gagal start 2017

Tv sharp great alexander 21" ini memakai ic croma laba-laba IX B266WJ. Memori 24WC08L. FBT bsc 25-0232A. merasakan problem andai tv dihidupkan led merah nyala terang lantas redup selang sejumlah detik terus mati alias tidak nyala lagi,kecuali kabel power ditarik keluar dulu lantas dicolokkan lagi maka led bakal hidup lagi begitu terus andai diulang.

Cara memperbaiki TV sharp Great alexander yang gagal start 2017
Tv sharp great alexander 21GXF200.
Dari empiris pribadi dalam membetulkan tv, andai menemui kehancuran seperti tersebut yang sudah-sudah, tv itu yang menjadikan problem sebab adanya masalah pada unsur tertentu diantaranya:

(1)power suplay meliputi; 
IC power baik tersebut STR atau TR reg,
tegangan( B+)primer dan skunder,  pun error amp apakah telah oke?, pun ic regulator5v-8v,9v, pastikan vcc hingga ketujuan tidak drop atau terputus ditengah jalan.

(2).Kerusakan pada bag horisontal, 
Periksa sirkit horisontal dari jalur pin ic hingga ke defleksi hor. yoke. Periksa tr hor dan komponen pendukungnya, pastikan bermanfaat dengan baik.

(3).Periksa FBT.
Jika B+ pada skunder power suplay dijamin oke, namun problem masih sama seperti mula , lanjutkan pengecekan FBT pada primer dan skundernya, input dan output yang dihasilkan, masih bagus atau terdapat penyimpangan.

(4).Kerusakan pada unsur vertikal, cek vcc input dan out ic vert, komponen penyokong terutama elco pum up.

SE 125 sebagai error amp akan menyerahkan signal dan perintah ke STR W6754 guna menghentikan aktifitasnya lewat optocouple kemudian dilanjutkan ke STR 6754 maka power mati. Maka tv bakal mati andai terjadi masalah pada beban.
pada tv tv merk atau type beda ada yang menggunakan SE 90, 110, 115, 125, 130, cocok teg B+nya.

Pada problem tv yang sedang saya tangani ini , perbaikan dibuka dari power suplay sebab led langsung mati .setelah pengecekan pada STR, dan komponen penyokong nya diantaranya resistor pada pin optocouple, pun optocouple tersebut sendiri. kemudian pada SE 125.  
Alhasil pada optocouplenya masih bagus namun SE 125 nya rusak. Lalu SE 125 saya ganti. 
Tes B+ unsur sekunder untuk menyaksikan hasilnya,  terlebih dulu lepas beban dengan mengusung kaki Colektor Tr horisontal biar aman pasang beban lampu 100 watt.

Setelah dites dengan beban lampu 
lampupun menyala terang. dan lagi-lagi dalam hitungan detik lampu langsung padam. Coba lepas beban lampu atau jalur C keFBT dicut B+ jadi normal 125v.

Weh...weh....sasaranku loncat ke Tr hor ternyata masih oke , lalu berpindah ke FBT, setelah dicek FBT pun sudah KO rupanya. dapat keseluruhan rupanya hari ini. Proses pengecekan tv darurat saya hentikan sedangkan , sebab stok FBT BSC 25-0232A. habis.

Paginya luncuran ke toko terdekat sambil melakukan pembelian barang yang lain, namun Fbt ditoko pun nihil, lantas saya cari fbt yang faedah pinnya sama atau mendekati, jatuhlah opsi pada type: FA 061WJ-SA. kerjakan penggantian dan tes tvnya lagi, dan kesudahannya mak..byaaaarr juga.

Kesimpulannya;
 tv ini mengalami kehancuran pada :
(1) SE 125 guna error amp.
(2) FBT.bsc 25-0232A.

Catatan:
Trik saya dalam menangani tv yang problem atau rusak, berusahalah teliti dan berfikir dari urusan yang sangat sederhana dulu, yang bersangkutan dengan problem pada tv.

3 Responses to "Cara memperbaiki TV sharp Great alexander yang gagal start 2017"

  1. TV Great Alexander saya udah diganti flyback, vertical dan TRnya knapa ga mau hidup juga? cuma lampu kontrolnya aja hidup.

    ReplyDelete
  2. Bos tv saya shape alexsa set lampu standby nyala tapi tv nya nggak nyala

    ReplyDelete
  3. Berapa kode yoke tv sharp great alexander

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel