-->

Cara Mudah Ganti IC Memory TV Kosongan Tanpa Harus Flash

Dalam proses pergantian IC Memory memang tidak seperti komponen ic yang lain, jika ic yang lain biasanya asal sama nomer seri dan tipe yang sesuai aslinya kemungkinan besar bisa langsung tancap dan langsung berjalan normal, dengan catatan ic tersebut tidak ada masalah atau mati, karena belum tentu juga ic baru beli bisa saja rusak dari pabrikan.

Bagaimana Cara kerja IC Eeprom/memory pada TV?

Pada saat TV bekerja ,maka IC program akan mengcopy (membaca) isi yang ada di IC memory misalnya vertikal berapa, volumenya berapa ,chanelnya berapa dan seterusnya. Hal sebaliknya akan dilakukan pada saat tv kondisi dimatikan, dimana data yang sudah berubah (dirubah pengguna) akan tersimpan kedalam IC memory. (writing) Problem yang sering terjadi adalah pada saat proses writing kemudian tiba tiba listriknya mati ,maka hal ini dapat menyebabkan kan isi data dari IC memory ini rusak (data coruruption).

Lebih jelasnya baca : Cara Kerja IC Memory pada Televisi

Pada TV SHARP kerusakan pada IC Eeprom/Memori biasanya ditandai dengan TV bisa nyala sebentar terus mati dengan lampu led blinking atau kedip.jumlah kedipan nya itu biasa nya menunjukan part yang tdk bekerja atau salah setting .

Tapi bagaimana dengan mengganti IC Memory?, khususnya pada mesin tv, tentunya berbeda dengan ic yang lain, sebab ini menyangkut penyimpanan data, configurasi, dan settingan pada perangkat tv, mengganti memory kadang tidak terlalu kesulitan walaupun diganti sama yang kosongan beli dari toko, walaupun harus sedikit melakukan Adjust pada sebagian settingan seperti bagian settingan seperti bagian, dan yang lainya, tapi ada juga yang sedikit sulit jika melakukan pergantian tanpa memory tersebut terisi dengan data asli default model mesin tv tersebut, jadi berikut adalah cara mengganti IC Memory tanpa harus flash atau memprogram.

Disaat tv dinyalakan maka ic program akan lebih dulu membaca isi data yang ada pada ic memory, contohnya level vertical, level volume, contras dan lainya, jadi cara mengisi IC Memory tv tanpa harus memprogram dilakukan ketika tv tersebut dimatikan, dimana data yang sudah berubah (dirubah oleh kita) akan disimpan kedalam IC Memory atau eeprom (writting). Dan kadang juga terjadi pada saat proses writting lalu tiba-tiba mati listrik, maka hal tersebut akan menyebabkan data IC Memory menjadi corrupt/error, jika terjadi data korupt/error maka tv tidak dapat start on dengan normal, dari kerusakan IC Memory berakibat pada semua sistem tidak berjalan normal, seperti tunner, audio dan yang lain.

Mengganti ic memory TV kosongan/tanpa data

Terutama ini pada merek tv tertentu saja, sebab banyak juga jenis mesin tv seperti contohnya merek china gak perlu repot banyak pikiran ic memory kosong atau isi.

Mengganti IC Memory/eeprom tv Polytron

Jika Pada tv Polytron juga misalnya ingin mengembalikan pada posisi default dengan cara seperti biasa masuk pada mode service polytron, pada saat tv standby lalu tekan dan tahan tombol menu pada remote, untuk kembali default tekan angka 3101, tapi hati-hati jangan terlalu berambisi apalagi hanya coba-coba menjadikan settingan default pada tv Polytron tanpa tadinya tidak ada kerusakan yang berarti, sebab kemungkinan Adjustment akan lebih sulit sebab parameter data yang harus disesuaikan dan tepat, mending usahakan dulu dengan mengganti ic memory langsung dengan yang isi default sesuai model type tv.


Mengganti IC Memory/eeprom tv Sharp

Untuk memasang ic memory kosong pada mesin tv sharp, caranya tv jangan di onkan dulu, kemudian tancapkan ic kosong tepat sesuai dengan seri tipe kapasitas ic memory aslinya contoh 24C16, kemudian pada saat tv masih belum nyala, lakukan persiapan masuk pada posisi service mode, untuk sharp yaitu menshrortkan jumper yang biasa terdapat khusus pada PCB tv, atau sebaiknya di konek jumper tersebut dengan solderan juga bisa, pada tv sharp Wonder atau Universe biasanya lokasi jumper di J122 dan J124. Kemudian sesudah itu tv kita nyalakan untuk pertama kali dengan sudah terpasang ic memory yang kosong tadi, dan tunggu beberapa saat akan terjadi proses writting, dan hasilnya settingan data default standar tv tersebut sudah terisi, kemudian tinggal menyesuaikan Adjustment yang belum sempurna, misalnya pada bagian settingan vertical, setelah semuanya bagus lalu jumper tadi yang kita gabung di lepas lagi.

Itulah sedikit penjelasan bagaimana Cara Mudah Ganti IC Memory TV Kosongan Tanpa Harus Flash atau melakukan isi data asli dengan alat program ic memory, untuk mendapatkan settingan default mesin tv, tapi hal tersebut dilakukan jika memang benar-benar ada kerusakan yang mengharuskan kita untuk melakukan cara diatas, jika tidak perlu ya gak usah kita lakukan, apalagi pada tv Polytron yang akan berakibat lumayan perlu setting parameter. Dan ada juga cara lain selain diatas, pernah nemu dari ide rekan-rekan di sosmed, yaitu ada yang melakukanya seperti menumpuk kedua ic memory untuk melakukan pengcopian data, tapi cara-cara yang lain mungkin kita coret-coret disini lain waktu saja, biar gak kepanjangan juga nih postingan, cukup post yang ringan dan sederhana dulu gan, semoga tips diatas bisa memberi solusi permasalahan servis teman teman.

5 Responses to "Cara Mudah Ganti IC Memory TV Kosongan Tanpa Harus Flash"

  1. Maaf mau tanya klw cara menghilangkan tulisan d tv pada tv sharp 14inc muncul factory mode jd suara hilang..mohon pencerahan ny gann

    ReplyDelete
  2. Tv saya dia standby..ada punya file firmware tv coocaa 32A4...kalau ada chat saya 081246637589 wa ya...saya mohon sekali....

    ReplyDelete
  3. Kalo tv lg flatron gimana cara setingnya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel