-->

TV Cina Giatex Gambar Kadang Blur

TV  Cina Giatex Gambar Kadang Blur

Kali ini saya kedatangan TV cina dengan kerusakan gambarnya terkadang blur jika contras terlalu terang atau gambar siaran sangat jernih. Gambar blur ini terkadang ada pada bagian atas kadang juga di bawah, istilahnya lari-lari gitu. Sekilas jika tv dihidupkan memang tampak normal jika belum di colokin antena, tapi setelah di colokin antenanya baru deh mulai nampak gejala kerusakannya.

Tadinya saya pikir, paling juga soket CRT yang yang bermasalah. Eh... ternyata dugaan saya salah dilihat fisik soket masih bagus tapi tetap saya ganti, mumpung ada stok. Setelah saya tes coba nyalakan tvnya alhasil sama saja masih blus. Maklum masih pemula dalam bidang otak atik tv bisanya cuma nebak nebak doang.

Perbaikan pertama masih tidak membuahkan hasil, lanjut ke pengecakan selanjutnya. Berpegang dari pengalaman yang sebelumnya kalau masalah gambar blur seperti ini masalah ada di bagian tegangan yang paling besar. Misal pada tegangan B+ 115v, 180v dan pada bagian power supply/regulator yang bermasalah. Maka dari itu saya langsung coba melakukan pengecekan yang lebih dalam lagi.

Pemeriksaanpun dilakukan, kali ini saya awali dengan cek fisik komponen terutama elko-elko yang mungkin menggelembung bagian atasnya. Mata saya tertuju pada elko bagian tegangan video yaitu elko 250v/10uf yang memang agak sedikit kembung. Tebakan pertama adalah elko ini rusak, langsung saya ganti baru. Coba tes nyalakan tv, jbreeet... hasilnya juga sama saja seperti sebelumnya, nggak ada perubahan sama sekali.

Lanjut ke langkah selanjutnya, kali ini ke elko B+ 115v yang lagi-lagi cuma nebak. Sempat saya vonis bahwa elko B+ ini biang keroknya. Pasalnya saat saya coba lepas, eh kakinya patah sebelah dan itu saya yakin bukan karena saya terlalu keras saat melepasnya. Wah... paling cuma eko B+ ini yang menjadi penyebab TV Cina Giatex Gambar Kadang Blur. Semangatlah saya untuk menggantinya dengan yang baru. Setelah penggantian elko B+ tadi coba tes nyalakan tvnya kesekian kali. Tarik nafas dalam-dalam, jbreeeet... waw... nggak di sangka ternyata masih sama saja, nihil mas bro...!

Waduh... bakal nggak gajian kalau caranya begini. ini TV susah amat yach... udah puyeng. Tapi saya tidak mau nyerah gitu saja, malu sama teman-teman Panassoder semua. Pemeriksaa demi pemeriksaan saya lakukan. Copot komponen sana sini terutama pada begian yang saya jelaskan diatas. Akhirnya mulai ketemu titik terang kerusakan tv cina ini yaitu eko besar 450v/220uf pada  power supply. Meski kondisi elko terlihat masih bagus, tetap saja saya ganti karena memang kecurigaan terbesar saya setelah semua langkah tidak membuahkan hasil.


Langsung saya ganti elko 450v/220uf tadi dan coba nyalakan tv cina giatex ini. Semoga kali ini puyeng saya nggak sia sia. Jbreet... tv dinyalakan, muncul gambar dan wow... blus sudah hilang kabur entah kemana. Coba contras di tinggikan dan channel di set pada siaran paling jernih sudah tidak blur dan tidak ada masalah. Alhamdulillah... akhirnya bisa gajian juga sob.

TV  Cina Giatex Gambar Kadang Blur

Oya...:
-  Jangan malas bongkar pasang komponen biarpun itu asal nebak.
-  Periksa dengan teliti bahkan dari kecurigaan paling sepele sekalipun.
-  Kalau bisa pahami bagian-bagian sirkuitnya.
-  Jangan malas baca blognya Panassoder hehehe...!

Kenapa begitu...? karena dengan begitu teman-teman akan mendapatkan sebuah pengalaman berharga menjadi teknisi.

Komponen yang mungkin terlihat masih bagus belum tentu kinerja komponen tersebut juga mash bagus. Mata kita bisa saja tertipu dengan kondisi tersebut seperti yang saya temukan dalam perbaikan TV Cina Giatex Gambar Kadang Blur ini.

Itu saja sekedar pengalaman dari saya memperbaiki TV Cina Giatex Gambar Kadang Blur yang mungkin bisa berguna buat teman-teman.

Terima kasih.

6 Responses to "TV Cina Giatex Gambar Kadang Blur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel