-->

Mengatasi TV LG ultra slim layar gelap

Cara Mengatasi TV LG Slim Ada Suara Gambar Hilang

Mengatasi TV LG ultra slim layar gelap  - Hallo sobat, di kesempatan kali ini saya akan  coba menjelaskan beberapa tips servis TV LG Slim dengan kerusakan yang sering terjadi pada TV tersebut. Sering saya mendapati TV LG Slim dengan masalah layar gelap tapi suara normal.

Pemeriksaan bisa kita mulai dengan membuka casing belakang TV, kemudian nyalakan TV untuk mencari tahu penyebab penyebab pasti layar tidak bisa nyala. Tampak ada getaran halus yang berasal dari FBT di sertai kilatan kecil di layar pertanda mesinnya bisa kerja dengan baik. Begitu pula terdengar suara dari siaran stasiun tv tertentu namun layar tetap gelap. Terlihat pula lampu filamen heater nyala, pertanda masih ada tegangan 180v untuk RGB, teruskan ke katoda RGB normal semua dan terakhir cek tegangan Screen/G2 yang ternyata 0 volt. Nah...! dilangkah inilah kerusakan bisa diprediksi. Lalu matikan TV dan coba lepas modul Matrix RGB nyalakan lagi, cek arus G2 keluar 150 volt dan ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter selektor x1k, jika jarum meter bergerak, ini berarti pin G2 crt sudah pasti short ke pin G1.

Gangguan short pin G2 ke G1 pada CRT Slim 21 seperti ini sering dijumpai, tegangan grid Sreen yang drop mengakibatkan layar menjadi gelap dan hanya suara dari siaran TV saja yang normal. Memang agak mengherankan produk tv sekarang cepat sekali rusak jika dibandingkan dengan keluaran sebelumnya yang bisa bertahan di atas 5 tahunan bahkan bisa lebih. Trik mengatasi masalah ini dengan cara menembak pin G2, dan supaya lebih yakin lagi kemudian cek ulang hubungan antar pin CRT mulai dari kiri ke kanan atau searah jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C.

Nah...! di sinilah kita akan mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah short ke G1/ground. Bisa jadi di dalam tabung terdapat debu halus yang menutupi jalur pin. Sekarang saatnya untuk mempraktekan dan melakukan persiapan yaitu :

Mengatasi TV LG ultra slim layar gelap

- Lepaskan kabel screen
- Lepaskan kapasitor screen
- Lepaskan kabel fokus disoket CRT
- Siapkan seutas kabel (kalau bisa salah satu ujung kabel diberi Dioda kecil yang nantinya sort/disuntikkan pada G2)

Berikut caranya :

- Pertama-tama ujung kabel di solderkan/dihubungkan pada tegangan 180 volt (bisa dari CRT atau dari kaki flyback).
- Ujung kabel yang ada diodanya jangan di sambung/solder duluk karena nantinya hanya asal sentuh G2 saja.
- Periksa ulang langkah di atas dengan teliti dan jangan sampai ada kesalahan sedikitpun, karena akan fatal akibatnya
- Hidupkan TV sampai start seperti biasa.
-Ambil ujung kabel yang ada diodanya tadi dan short-kan pada pin G2 (asal sentuh), disini sobatr akan mendengar bunyi (cethesss....) dari dalam tabung.
- Matikan TV dan lihat apakah gambar sudah bisa keluar, karena pada dasarnya jika kondisi tabung/ G2 masih normal atau tidak putus, bisa di pastikan gambar akan kembali normal, Tapi sebaliknya jika pada pin G2 sudah putus, maka gambar tidak akan bisa muncul dan dengan terpaksa sobat harus ganti tabung dengan yang baru.

Tegangan fokus yang di hasilkan saat FBT bekerja bisa mencapai 500v lebih, jadi masih ideal untuk bisa merontokan kotoran debu halus yang mungkin ada pada grid G2 atau grid G1,

Itulah beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada Televisi Merk LG ,untuk kasus kerusakan yang lain, saya akan coba bahas di postingan selanjutnya.

Sekian tips dari saya mengenai Mengatasi TV LG ultra slim layar gelap , semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Terima kasih.

4 Responses to "Mengatasi TV LG ultra slim layar gelap"

  1. TV saya LG ultra alim
    Tv nyala suara oke,secreen juga nyala tapi tetap gelap,dicoba meain lain tabung oke,kira² dari komponen apanya ya

    ReplyDelete
  2. Tv lg ultra slim ketika start cuma ada kilatan di sekeliling layar trus gelap apanya yng bermasalah di coba ke tabung lain sama saja mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  3. tv LG Saya hanya lampu power nyala tpi layar tidak nyala n suara pun tdk...gimana solusinya sobat

    ReplyDelete
  4. Bang. Tv saya LG pearl black 29 inch. Tv mau start tpi gambar gak muncul, klo ganti chanel muncul sebentar 2-5 mnt gambar hilang lgi. Kira2 yg bermasalah di apax ya bang. Mohon pencerahanx🙏🙏

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel