-->

Cara Mengatasi Garis Pelangi Pada Layar TV LCD

Cara Mengatasi Garis Pelangi Pada Layar  TV LCD
Mengatasi Garis Pelangi Pada Layar  TV LCD - Ada banyak macam kerusakan pada tv LCD yang di akibatkan oleh beberapa komponen yang short atau mungkin terbakar. Namun dalam kesempatan kali ini, saya akan coba memberikan penjelasan mengenai kerusakan pada layar tv LCD yaitu garis pelangi vertical. Kerusakan seperti ini biasanya dikenal dengan garis-garis berwarna pada layar atau rainbow screen. Dengan gejala tidak munculnya gambar kecuali garis-garis pada layar TV seperti gambar di atas.

Nah... langsung saja kita bahas langkah-langkahnya dan berikut yang harus di perhatikan:

1. Kabel LVDS
Periksa kabel LVDS dari mainboard ke controller board untuk memastikan kabel tidak longgar. Bila perlu, cabut kabel tersebut dan pasang kembali dengan benar, bila Anda merasa ada kemungkinan kerusakan maka ganti kabel LVDS tersebut.

2. Reset FPCB
Reset FPCB dari controller board ke driver board serta periksa sambungan solder pada konektor kabel le board.

3. Periksa timah patrian komponen 
Periksa sambungan solder dan komponen pada PCB controller. Jika semuanya baik, meskipun hal ini masih bisa menjadi masalah mainboard kemungkinan besar IC controller board atau panel. Lebih mungkin LCD panel memiliki driver board/driver IC yang rusak, tetapi menggunakan prosedur untuk memeriksa mainboard sebelum Anda menghabiskan uang untuk mengganti panel jika Anda benar-benar memutuskan memilih biaya yang ekonomis.

3. Periksa panel LCD
Perhatikan bahwa Anda dapat hampir tidak pernah menemukan kerusakan panel LCD saja, tetapi kebanyakan orang menyebut seluruh board ini sebagai panel LCD, tetapi sebenarnya Anda bisa membongkar dan melepas panel LCD yang sebenarnya.

Beberapa poin diatas merupakan Cara Mengatasi Garis Pelangi Pada Layar  TV LCD, Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan benar, namun belum juga berhasil bisa dilanjutkan dengan menghubungi saya pada Contact yang sudah saya sediakan di atas. Atau sobat bisa menulis di kolom komentar, insyaallah saya akan membantu mencari permasalah sobat.

Terima kasiih dan semoga berhasil.

5 Responses to "Cara Mengatasi Garis Pelangi Pada Layar TV LCD"

  1. Klo polytron lcd ada warna merah disudut layar.bagaimana cara menghilankan warna yg menggangu itu.mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  2. polytron lcd PLM32M12,masalahnya mati total ,sy buka trnyta fet sama termistor nya dh ga ada,yg punya bilang bkas orang ktanya sich fetnya mldak,,,,,sy pasangin lgi dgn fet 7n65,eh trnyta pecah lgi ,sy ambil jln pintas pakai gacun,nyala sich nyala,cuma garis horizontl pelangi gitu,,,strum tcon pda normal semua ,trus sy coba cek di bgian cof ,3 titik poin di cof tiga2 nya hampir sama kurang lbih 7v,,,,sy mnta pncrhan bos,sy tunggu trimaksih

    ReplyDelete
  3. Ka, kalo ganti mb bisa mengatasi hal itu ga?

    ReplyDelete
  4. Ka, kalo ganti mb bisa mengatasi hal itu ga?

    ReplyDelete
  5. Om,kalau layar tv ada beberapa channel yg gambarnya agak ke ungu2an sedang beberapa channel lainya warna gambar normal itu bagaimana yah om?,apa ada kerusakan atau karena antenanya saja harus ganti atau jg harus pakai STB karena memang masih analog

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel