-->

Cara Mengatasi TV China Tidak Bisa Start

Cara Mengatasi TV China Tidak Bisa Start
Cara Mengatasi TV China Tidak Bisa Start -  Sebenarnya banyak penyebab tv yidak bisa di hidupkan alias tidak mau start. Namun pada kesempatan kali ini saya akan coba menje;askan tentang solusi masalah tersebut. Yang akan saya jelaskan dan bahas ini adalah dari mesin china bisa dari WCOM atau yang lain dan mempunyai data seperti di bawah ini:

1. Menggunakan Ic tunggal 8823CPNG4JR
2. Memakai Ic vertikal LA 78040
3. Transistor Regulator C5297
4. Dan  transistor Horisontal C5296 atau yang lain.

Sebelum mengetahui apa penyebab tv tidak bisa start, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Buka penutup tv seperti biasa dan membershkan debu yang menumpuk.
2. Kemudian tv saya hidupkan sebentar untuk mengetahui reaksi yang timbul.
3. Periksa transistor horisontal dan ic vertikal.  Jika terjadi panas yang berlebihah maka kecurigakan pada tr horisontal atau Ic vertical mungkin jebol/rusak.
4. Setelah melepas tr horisntal dan cek kondisinya ternyata tr tersebut sudah aman, langkah berikutnya cek tegangan out regulator apakah drop atau masih normal.
5. Berikutnya lanjutkan ke ic utama , cek pin 46 ic tunggal.
Pada pin ini pada saat start harus 0 volt. Dan saat stanby ada tegangan 4,8 volt. Jika ternyata saat di cek tegangannya 0 volt, berarti ic tersebut sudah bekerja.
6. Selanjutnya cek tegangan basis tr horisontal dan seharusnya pada basis tersebut ada tegangan sebesar 2 volt Ac , tetapi jika hanya ada tegangan 0,1 volt maka masih terdapat komponen yang sort.

Pada tegangan input ic vertikal yang juga menyuplai tegangan driver horisontal seharusnya terdapat tegangan 24 volt Dc.

Dari pengalaman saya,  untuk menyusuri bagian ajusment dan ternyata di bagian tersebut beberapa titik timahnya retak. Dengan sangat optimis saya solder ulang dan ternyata setelah itu tegangannya semua jadi normal. Ic vertikal saya pasang lagi dan cek tegangan kembali. Tapi tegangan jadi drop lagi. Maka kesimpulan saya ic vertikal tersebut sudah jebol. Akhirnya saya ganti ic tersebut dengan yang baru. Untuk meyakinkan bahwa tegangan tidak drop lagi saya cek lagi tegangan pada vertikal dan pada basis tr horisontal. Karena ternyata sudah yakin normal maka aku lanjutkan pemasangan kembali transistor horisontal .

Dengan penuh harapan, maka tv aku hidupkan. dan ternyata tv pun sudah mau start sempurna sempurna. Puji syukur Alhamdulillah akhirnya akhirnya saya bisa gajian, heehehe....

Nah mudah- mudahan penjelasan di atas tentang Cara Mengatasi TV China Tidak Bisa Start,bisa menambah pengetahuan bagi sobat semua.

Wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

4 Responses to "Cara Mengatasi TV China Tidak Bisa Start"

  1. Mas mau nanya,,saya punya kasus tv micom tidak bisa start,,,saya cek b+ cuma 22 vdc,,,saya lepas b+ u fbt,,,tegangan b+ keluar 110vdc,,,saya pikir fbt masalah,,,saya ganti fbt,,,tapi hasilnya sama b+ cuma 22vdc,,,saya lepas b+ u fbt,,,tegangan b+ keluar 110,,,kira2 apanya?

    ReplyDelete
  2. Saya garap tv china b+ normal tegangan ke rgb sama dengan b+kan seharusnya 185v mohon solusinya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel