-->

Cara Mengatasi Warna Belang Pada Gambar TV

Cara Mengatasi Warna Belang Pada Gambar TV
Cara Mengatasi Warna Belang Pada Gambar TV - Penyebab TV warnanya menjadi belang-belang (degausing) seperti pelangi sebagian besar terjadi karena terkena hamparan magnet. Gambar wajah/orang kadang-kadang ada warna biru, merah, hijau dan macam-macam pokoknya campur aduk seperti warna pelangi. Jika kita pindah ke AV maka layar yang biasanya biru berubah menjadi banyak warna seperti ada biru hijau merah dan sebagainya. Pengalaman saya tentang apa penyebab TV warnanya jadi belang-belang seperti pelangi dan solusi bagaimana cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah. Kondisi ini bisa saja terjadi saat kita memindah TV atau menata kembali ruangan dengan menggeser posisi TV yang ada. Kita tahu TV juga dipengaruhi oleh medan magnet terutama pada layar CRT(tabung). Nah perubahan medan magnet disekitarnya bisa jadi mempengaruhi pergeseran warna pada TV anda.

Yang terjadi adalah TV tabung terpengaruh perubahan medan magnet dan berdampak pada komposisi warna. Jika kita membuka TV dan lihat di bagian tabung disana terdapat kabel perak yang mengelilingi tabung, itulah yang bertugas mengendalikan medan magnet pada pesawat TV. Kabel ini dihubungkan ke rangkaian (biasanya dengan soket kabel) dan disana jika kita perhatikan terdapat komponen kotak hitam (didekat soket tersebut) yang disebut PTC. Dialah komponen yang mengontrol medan magnet dan mengalir ke kabel mengelilingi tabung  tadi.

Solusi yang bisa sobat lakukan adalah:

1. Dengan Magnet

Pertama coba dulu gunakan magnet (bisa pakai speaker) untuk mengatasi hal diatas. lalu nyalakan TV dan pindah ke posisi AV (video), ini untuk mempermudah saja. Selanjutnya silakan pegang dan dekatkan magnet di depan layar TV agak sebelah kiri atau kanan lalu geser-geser posisi magnet yang anda pegang tadi, lalu perhatikan perubahan warna dilayar. Jika pada posisi AV tampilan layar warna biru, maka pastikan warna pada layar menjadi full warna biru.Misal di sudut kiri atas warna masih berbeda, maka dekatkan magnet sambil perhatikan perubahan warnanya, jika warna sudah berubah dan sama (biru) maka segera jauhkan magnetnya, lakukan sampai semua layar menjadi full dengan warna yang sama.

2. Periksa kabel ground tabung

Jika cara diatas belum berhasil, silakan buka dan cek di bagian kabel perak tabung, cek dengan multitester dengan skala 10k. Lihat juga saluran soket yang terhubung ke rangkaian apakah terpasang baik atau tidak. Kemudian cek juga PTC (komponen kotak hitam) biasanya ada didekat soket tersebut, mungkin sudah rusak (misal kaki goyang), silakan ganti dan untuk ukurannya juga harus sama, karena jika tidak cocok biasanya layar tidak akan menyala.

Jika masalah TV hanya seperti yang saya jelaskan diatas, maka kemungkinan besar cara mengatasi TV yang warnanya jadi belang-belang (degausing) seperti pelangi bisa teratasi.

Sekian tips dari saya tentang Cara Mengatasi Warna Belang Pada Gambar TV, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

0 Response to "Cara Mengatasi Warna Belang Pada Gambar TV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel