-->

Cara Mengatasi Bunyi "Ciii...t" Pada Regulator TV Cina

Cara Mengatasi Bunyi "Ciii...t" Pada Regulator TV Cina

Regulator pada semua jenis TV seperti yang kita tahu merupakan sumber utama tegangan sirkuit/rangkaian mesin TV, mulai dari tegangan terkecil sampai yang paling besar. Nah...apa jadinya jika pada regulator mengalami masalah, misalnya saja terdengar bunyi "Ciii...t". Bunyi tersebut biasanya terjadi karena adanya salah satu komponen yang mengalami kerusakan/short yang mengakibatkan terjadinya arus pendek.

Dari pengalaman saya, arus pendek yang mengakibatkan bunyi ciii...t pada regulator ini biasanya di barengi dengan hilangnya sebagian bahkan bisa jadi semua tegangan suplay mulai dari tegangan kecil sampai yang besar. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi bahkan jika di hidupkan lebih lama, regulator bisa jadi akan terbakar, apalagi pada mesin tv cina yang tidak ada sistem proteksinya.

Apa yang harus dilakukan dalam hal ini...? Berikut langkahnya:

1. Putuskan jalur tegangan B+ pada flyback

Jika jalur B+ sudah di putus, selanjutnya hidupkan tv sebantar dan dengarkan apakah masih ada bunyi "ciii...t" pada regulator. Jika bunyi "ciii...t" sudah hilang dan semua tegangan sudah kembali normal, Kemungkina flyback tidak ada masalah. Kemudian lanjutkan langkah ke 2.

2. Solder ulang pin B+ flyback

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa flyback benar-benar tidak ada masalah, dan jika B+ sudah di soder ulang selanjutnya putus satu persatu jalur tegangan di semua kaki-kaki flyback Khususnya pada Colektor. Mulai dengan memutuskan jalur tegangan terkecil di teruskan dengan yang besar. Kemudian hidupkan tv dan dengarkan apakah regulator masih berbunyi. Jika dengan memutus satu persatu jalur dari kaki-kaki flyback regulator sudah tidak berbunyi lagi, maka di situlah letak masalahnya.
Cara Mengatasi Bunyi "Ciii...t" Pada Regulator TV Cina
Disini yang pernah saya alami bahwa masalah pada colektor disebabkan salah satu Dioda besar yang terletak di sekitar kapasitor mengalami short dan akibatnya arus pendekpun terjadi. Lalu saya pun mengganti dioda tersebut dengan yang baru dan walhasil...., regulator sudah tidak berbunyi lagi, arus tegangannyapun kembali normal. Yang lebih senangnya lagi TV pun bisa nyala dengan sempurna dan Alhamdulillah... saya bisa gajian lagi.

Kenapa Colektor diatas saya garis bawahi...?

Karena pada sirkuit colektor merupakan salah satu letak tegangan paling besar pada mesin tv, terutama tv cina. Sedikit saja colektor ada masalah maka imbasnya regulator akan mengalami bermasalah.

Itu tadi tips dari saya untuk sobat semua, semoga bisa membantu mengatasi masalah sobat dalam malakukan reparasi TV. Terima kasih dan selamat mencoba.

9 Responses to "Cara Mengatasi Bunyi "Ciii...t" Pada Regulator TV Cina"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kalau waktu tv nyala tdk bunyi ciiiitt.. tapi waktu tv dimatikan lewat remote/standby, baru keluar bunyi ciiiitt.. itu apanya yg perlu diperiksa master..

    ReplyDelete
  3. Masalah tegangn sekunder naiknturun apanya master kira2

    ReplyDelete
  4. saya puypu tv konika 14in menala tapi ada bunyi ciiit kadang keras kadan pelan kalau pindah siaran bunyi makin keras moho pencarahan nya trima kasih

    ReplyDelete
  5. Kalau tv mitosiba bomba legulator ber bunyi cit cit apa nya yng sot master playbek masi bagus horisontal masi bagus pertikal masi bagus bakan playbek saya sya tidak pasang dan di coba masi ada juga bunyi di bagian legulator gimana itu master

    ReplyDelete
  6. Kalau tv mitosiba bomba legulator ber bunyi cit cit apa nya yng sot master playbek masi bagus horisontal masi bagus pertikal masi bagus bakan playbek saya sya tidak pasang dan di coba masi ada juga bunyi di bagian legulator gimana itu master

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel