-->

Memperbaiki TV Sharp Protek Mati Standby

Memperbaiki TV Sharp Protek Mati Standby-Panassoder




Kerusakan TV dengan gejala protek/ mati standby memang sering terjadi pada TV Sharp.  Bukan hanya pada TV sharp saja, bahkan pada TV merk seperti polytron, LG, sony, akari, samsung dan banyak yang lainnya juga sering mengalami hal yang sama yaitu mati standby. Pada dasarnya sistem protek pada tv memang di tujukan untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah. Cara kerjanya adalah jika terdapat komponen tv yang mengalami short/rusak, maka sistem protek ini akan langsung aktif dan memutus paksa tegangan.


Khususnya pada tv sharp yang kami bahas kali ini dengan kerusakan tv mengalami protek dan mati standby. TV sharp ini awalnya masih bisa start, saat tv di onkan terdengar semburan dari FBTnya. Tapi bukannya gambar muncul malah langsung mati/standby lagi. Meski di onkan berkalikali tetap saja sama gejalanya seperti itu.

Lanjut ke proses perbaikan

Yang pertama kali yang kami lakukan dalam proses perbaikan adalah dengan bongkar casing belakang tentunya. Kemudian cek kondisi fisik komponen apakah terlihat ada yang terbakar atau rusak. Biasanya komponen yang sering rusak yang letaknya dekat panas, komponen yang memang panas dan komponen dengan tegangan tinggi.

Kedua cek solderan komponen mungkin ada yang sudah kendor atau retak. Masalah solderan retak ini juga sering tejadi mungkin karena faktor penggunaan terlalu lama dan panas terus menerus. Pengalaman kami beberapa waktu lalu, hanya karena masalah solderan retak saja perbaikan memakan waktu yang cukup lama. Solderan komponen biarpun terlihat masih bagus namun belum tentu melekat dengan komponen jika sudah kena panas.

Selanjutnya cek semua tegangan out dari regulator, dalam kasus TV sharp ini kami cek semua tegangan out regulator saat standby B+125 v masih normal. Cek saat start vertikal 25 v, video 185 v dan lainnya juga masih stabil. Disini saya bertanya-tanya dalam hati lantas apa yang menyebabkan TV sharp ini protek. Titik-titik protek tidak luput dari pemeriksaan terutama. Pada saat saat pemeriksaan tegangan titik protek, kami menemukan kejanggalan bahwa tidak ada tegangan sama sekali yang masuk. Titik protek ini di bagian video yaitu resistor R605 dan dioda kaca D605 Ternyata tidak ada tegangan sama sekali/ 0volt. Dibagian ini seharusnya ada tegangan kisaran 4-5 volt. 

Kemudian kami lepas salah satu kaki D605 dan cek jarum tester masih bergerak normal artinya dioda masih bagus. Cek R605 nilainya 100kΩ ternyata jarum tester tidak bergerak sama sekai, mungkin resistor ini biang keroknya pikirku.

Memperbaiki TV Sharp Protek Mati Standby-Panassoder

Setelah penggantian R605 kami coba nyalakan tvnya, jbreeet... tv start terdengar FBT sudah nyembur dan gambarnya muncul dan tidak balik standby lagi. Kami nyalakan sampai beberapa menit gejala tv sharp protek mati standby ini tidak kambuh lagi. Kami matikan tvnya, pasang lagi casing belakangnya dan tinggal nunggu gajian hehehe...

Itu tadi pengalaman kami tentang bagaimana cara Memperbaiki TV Sharp Protek Mati Standby. Meski tips di atas bukan satu-satunya penyebab kerusakan protek mati sntandby pada tv sharp, minimal bisa menjadi sedikit referansi untuk anda memperbaikinya.

4 Responses to "Memperbaiki TV Sharp Protek Mati Standby"

  1. Bos tv sharp stenbay ga mau star uda ganti Ono ini tetep ga mau star,tolong solusinya bos

    ReplyDelete
  2. Tv saya Alexander Pro sharp 21 inch, tdk sempat star cm nyala lampu merahnya sj. Mhn ilmunya di mana letak kerusakannya. R605 dan D605 bagus. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. tv saya sharp aleksander pro tidak protek tapi kalau dimatikan tidak bisa langsung dihidupkan lagi harus nunggu beberapa menit?

    ReplyDelete
  4. Sharp picolo 21,mcb turun cabut ic vertikal di colok mcb tidak turun,ganti ic vertikal baru juga mcb ttap turun,kenapa ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel