-->

Cara Menggulung atau Rewinding Dinamo Kipas Angin

Cara Menggulung atau Rewinding Dinamo Kipas Angin

Sebelumnya siapkan dulu bahan-bahan yang di perlukan untuk proses rewinding dinamo kipas, seperti:
  • Kawat imail/tembaga sesuai ukurannya
  • plastik/kertas mika (digunakan untuk isolator)
Berikut langkah-langkah menggulung dinamo kipas angin:

1.Bongkar dinamo hingga terlihat lilitan di dalamnya

2.Bongkar kawat dinamonya dengan memotong  semua tali pengikat lalu potong pada 1 sisi kawat-kawat dinamonya

3.Tarik kawat kawat imail dengan tang agar bisa di keluarkan.

4.Potong plastik/kertas mika sesuai ukuran lubang kiren, lalu lipat kedua ujung potongan mika yang akan dimasukkan ke lubang kiren tujuannya agar supaya plastik mika tidak bisa bergeser nantinya. Jika kamu tidak membuat lipatan, tetesilah antara mika dan kiren dengan lem super glueatau yang lain.

5.Ambil beberapa lembar kawat bekas dinamo yang telah kamu potong tadi. Lilitkan pada mal penggulung sebagai mal/patokan sebesar apa liltannya. Jika kamu tidak punya mesinnya, dapat dilakukan secara manual yaitu dengan tangan (tapi waktu yang di butuhkan akan semakun lama). Perlu di ingat baik-baik jumlah jumlah lilitannya.

6. Lakukan penggulungan langsung untuk keempat kutubnya tanpa terputus.

7.Ikat lilitan yang sudah cukup jumlahnya dengan lakban kertas atau isolasi tipis.

8.Masukkan kawat kedalam kiren dengan hati-hati an di dibantu kayu/bambu/atau plastik yang diraut tipis pada ujungnya untuk membantu mendorong kawat kedalam lobang kiren

9.Apabila semua kawat tadi sudah masuk kedalam lubang kiren, kemudian tutup lubang kiren dengan potongan kertas/plastik mika

10.Masukkan lilitan/kutub yang kedua dengan berlawanan arah lilitannya. kutub pertama  arah lilitannya berlawanan dengan jarum jam, sedangkan kutub kedua searah dengan jarum jam.

Langkah penyambungan lilitan

Satu (1) set lilitan starter yang terdiri dari empar (4) buah lilitan medium, low speed dan starter kemudian beri tanda pada pangkal dan ujung kawat, tujuannya untuk mempermudah proses  penyambungan nantinya. Penyambungan antara pangkal dan ujung lilitan medium/low speed dan juga pada starter dilakukandisambung secara seri. Kupas ujung-ujung kawat yang sudah disambung untuk menghilangkan isolatornya. Kemudian sambungkan pada kabel dan di solder lalu ditutup dengan selongsong isolator tahan panas. Proses selanjutnya adalah melakukan pengikatan pada kabel-kabel dan kawat-kawat dinamo, kemudian lakukan penyirlakan dengan kwas kecil sampai merata hingga meresap kedalam lilitan.

Nah…! sekarang lilitan sudah siap di tes dan pasang dulu lilitan tadi casing/rumah dinamo.
Pada saat pengetesan di 5 menit pertama, rabahlah dinamo dengan tangan( untuk mengetahui panas atau tidak),  jika  hanya terasa hangat lalu di menit brikutnya mulai terasa panas sampai dengan10 menit selanjutnya masih mampu ditahan kulit tangan kita, Berarti liitan dinamo tadi sudah bagus dan akan tahan lama. Namun jika di 5 menit pertama pengetesan sudah panas dinamo terlalu cepat atau bahkan tercium bau sangit/gosong, berarti ada kesalahan saat proses penggulungan/rewinding bisa jadi ada kekeliruan dalam penyambungan kawat imail atau bahkan terdapat terkelupasnya kawat kemudianterjadi short. Lakukan juga pengetesan pada putaran dinamo, jika putarannya terasa lemah/pelan, coba kamu periksa capasitornya.

Semuga tips tadi bisa mempermudah kamu yang berminat untuk belajar menggulung dinamo sendiri. 

Terima kasih dan semoga sukses.

0 Response to "Cara Menggulung atau Rewinding Dinamo Kipas Angin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel