-->

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

Putaran kipas angin kamu pelan…? Atau macet…?, jangan buru-buru beli kipas angin yang baru dulu, siapa tahu kipas tadi masih bisa di perbaiki. Saya bilang begitu karena untuk beli kipas angin baru harganya kan mahal. Tapi untuk repair kipas angin tadi, biaya yang di keluarkan paling banyak separuh dari harga kipas baru. Misalnya harga kipas angin baru di toko adalah 250 ribuan, nah cukup mahal bukan. Tapi untuk biaya perbaikan kipas angin yang katakanlah dinamo/motornya yang rusak dan harus ganti, harganya pun hanya kisaran 100 ribuan. Bagaimana…? Masih ingin beli kipas angin baru…?

Apa yang harus di lakukan untuk memperbaiki kipas rusak tadi…?

Seperti ini cara mengatasinya:

Sebelumnya ada yang harus kamu ketahui dulu apa saja komponen/bagian-bagian dari kipas angin.
  • Motor/dinamo
  • Tombol speed
Sekarang coba kamu buka satu persatu bagian-bagian tadi, mulai dari:

Motor/Dinamo

Dinamo merupakan komponen paling utama pada kipas angin, makanya coba kamu bongkar dulu dinamo tersebut sampai menemukan beberapa bagian, antara lain:
  • Lilitan
  • Thermostat/termal fuse
  • As dinamo
  • Kapasitor
  • Tombol speed
Jika sudah menemukan bagian-bagian tersebut, selanjutnya periksa satu-persatu, seperti ini:

1. Lilitan

Jangan tertipu dengan kondisi lilitan yang masih bagus, karena biasanya dinamo yang rusak tidak  harus terlihat terbakar/gosong pada lilitannya. Bisa jadi lilitan tersebut mengalami bocor yang mengakibatkan putaran tidak searah sehingga menjadi pelan. Untuk mengetahuinya, coba buka isolatornya dan tes demua ujung lilitan dengan avometer apakah ada yang putus pada lilitan atau melemah. Tapi jika lilitan memang terbakar maka mau tidak mau harus direwinding/gulung ulang. Lihar gambar berikut ini:
Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

2. Thermostat/termal fuse

Thermostat merupakan pengaman pada lilitan dinamo dari panas yang berlebih/over heat. Cara kerjanya adalah jika dinamo mengalami panas yang berlabih maka thermostat akan putus sehingga tidak ada arus yang masuk ke lilitan dan putaran akan berhenti seketika. Thermostat ini bukan hanya bisa putus tapi juga bisa melemah sehingga arus listrik yang masuk ke lilitan menjadi terhambat. Hal ini jugabisa menyebabkan putaran kipas angin menjadi pelan. Untuk mengetahui kondisinya tidak perlu dengan avometer tapi cukup dengan menghubungkan kedua kaki thernostat menjadi satu. Kemudian hidupkan kipas apakah putarannya suah kembeli normal. Jika masih belum ada reaksi, lanjutkan langkah berikutnya. Lihat gambar di bawah ini:

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

3. As dinamo

Jika dilihat kondisi dinamo kipas yang masih baru, maka maka as dinamo pasti ada pelumas berupa stempet. Namun tentu saja jika kipas angin sudah digunakan terus-menerus maka pelumas ini bisa menjadi kering. Inilah yang menyebabkan putaran dinamo bisa terganggu/pelan. Untuk memeriksanya cukup dengan membersihkan as bagian depan dan belakang dari kotoran grease atau stempet yang kering tadi dengan bensin. Jangan lupa bersihkan juga rumah laher/bearing dari kotoran stempet. Kemudian coba hidupkan kipas apakah putaran sudah normal lagi. Berikut gambarnya:

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

Saran saya, kalau bisa as dinamo jangan jangan diberi pelumas, stempet atau yang lain jika sudah di bersihkan, karena tidak akan bertahan lama dan pelumas akan kembali kering. Tapi itu hanya sekedar saran dari saya, selanjutnya terserah kamu mau diberi pelumas atau tidak, kan sudah tahu cara mengatasinya….hehehe…

4. Kapasitor

Kipas yang di pakai terus-menerus dan jarang ada waktu jedahnya, dapat mengakibatkan kerusakan seperti di atas tadi. Terutama pada komponen yang satu ini sering kali rusak. Kapasitor yang rusak biasanya di tandai dengan ada bagian yang mengembang, retak, gosong atau bahkan meleleh. Komponen ini tidak bisa di perbaiki lagi jika mengalami kerusakan makanya silahkan ganti saja dengan yang baru(harganya Cuma 10 ribuan kok). Tapi jangan asal beli kapasitor ya…, sesuaikan nilai kapasitornya, biasanya nilainya antara 1uf/400v sampai 1,5uf/400v. Lihat gambarnya:

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

5. Tombol speed

Sebenarnya tombol speed ini tidak ada hubungan dengan masalah putaran pelan pada kipas angin. Tapi jika kipas tidak bisa berputar sama sekal makatombol speed ini perlu kamu periksa juga. Biasanya jika kondisi dinamo dalam keadaan normal/tidak ada masalah sama sekali, tapi waktu kipas di hidupkan salah satu speed/kecepatan tidak ada reaksi (tidak bisa berputar). Misalnya pada tombol no.1 kipas masih bisa berputar, no.2 juga masih bisa berputar dan no.3 kipas tidak bisa berputar/ tidak bereaksi sama sekali. Sedangkan seperti yang saya katakan tadi bahwa kondisi dinamo masih baik-baik saja alias normal. Hal ini di sebabkan karena salah satu plat/platina yang ada di dalam tombol sudah aus, akibatnya tidak bisa di lewati oleh arus listrik. berikut contoh gambarnya:

Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya

Untuk memperbaikinya, bongkar tombol speed sampai terlihat bagian-bagian di dalamnya. Hati-hati karena setiap bagian ukurannya sanyat kecil dan terdapat pegas/per disitu. Ingat-ingatlah penempatan setiap bagian yang ada di dalamnya agar saat menutupnya nanti tidak terjadi selip. Kemudian cari plat/platina yang berhubungan dengan tombol bermasalah tadi. Jika sudah ketemu, lepas dan gosok dengan amplas atau yang lainnya sampai bagian yang aus, karatan atau kotor terlihat bersih. Tujuannya agar arus listrik bisa melewatinya dengan sempurna.

Jika kamu masih kesulitan dengan penjelasan saya tadi, bisa langsung menghubungi saya melalui contact atau kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Terima kasi dan semoga bermanfaat.

9 Responses to "Putaran Kipas Angin Kamu Pelan…? Begini Cara Ngatasinya"

  1. Biasa nya beli spare part kipas angin nya dimana ea...

    ReplyDelete
  2. Saya punya kipas, gak pake baling2 berputar, tapi klw pake baling2 g mau berputar, dengung saja dinamo. Apanya y ?

    ReplyDelete
  3. Saya punya kipas, gak pake baling2 berputar, tapi klw pake baling2 g mau berputar, dengung saja dinamo. Apanya y ?

    ReplyDelete
  4. Kipas saya saat di tekan ga bisa mutar dan dan hanya berdengung dan bila di putar sendiri berputar.
    Apanya ya gan ?

    ReplyDelete
  5. gue punya kipas angin jadul..buatan 1941 made in germany...tmpo hari muternya pelan..stelah rotornya dikasih pelumas merk 'singer, eh itu kipas muternya kayak pembalap motor GP..Valentino Rossy...heheheeee...MANTAPPP.

    ReplyDelete
  6. gue punya kipas angin jadul..buatan 1941 made in germany...tmpo hari muternya pelan..stelah rotornya dikasih pelumas merk 'singer, eh itu kipas muternya kayak pembalap motor GP..Valentino Rossy...heheheeee...MANTAPPP.

    ReplyDelete
  7. kipas angin sy kecepatannya sam dr no 1.2.3 apanya bos

    ReplyDelete
  8. Cari bosh kipas yg as 10mm dmn ya?

    ReplyDelete
  9. Mau cari baling"" as Rotor dimana ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel