-->

TV Cina Gambarnya Menyempit Karena Tegangan Drop

TV Cina Gambarnya Menyempit Karena Tegangan Drop

Kerusakan TV Cina Gambarnya Menyempit Karena Tegangan Drop memang paling banyak di jumpai pada mesin TV cina. Seperti pengalaman saya kemarin yang disuruh tetangga sebelah untuk memperbaiki TVnya. Dia bilang pada saya bahwa TVnya bisa nyala dan kadang tidak bisa nyala. Itupun jika tv sudah bisa nyala gambarnya malah jadi kecil. Terus saya bilang, iya pak saya akan lihat TVnya sekarang. Semua alat reparasi saya kebetulan masih ada dalam tas karena sebelumnya selesai ada panggilan servis TV juga. Sesampainya di rumah bapak tadi, saya langsung coba nyalakan tvnya, ternyata tv langsung nyala tapi memang gambarnya kurang lebar alias menyempit. Mesin TV cina ini di pasang pada CRT 21" menggunakan 2 IC yaitu LA76810A dan LC863528C, IC vertikal LA78040.

Kemudian langsung saya lepas casing belakang tv cina ini. lalu saya amati fisik komponennya masih pada bagus terutama pada elconya dan saya cek solderan juga masih bagus. Pemeriksaan berlanjut pada pengukuran tegangan B+, elah dalah... kok cuma ada sekitar 55 volt, setahu saya harusnya 95-115 volt. Lalu saya ukur juga teg 180 volt cuma ada 120 volt, tegangan yang lainnya juga menurun.

Saya coba lepas jalur B+ kaki FBT tapi semua tegangan masih tetap sama yakni masih menurun. Disini timbul kecurigaan saya bahwa blok regulator mengalami masalah yang mengakibatkan seluruh tegangan menjadi menurun. Saya coba cek beberapa komponen di primernya ternyata masih OK nggak ada yang short. 1,5 jam berlalu dan masih tidak membuahkan hasil gambar tv masih menyempit dan kadang tidak bisa start. Akhirnya saya bilang pada pemiliknya untuk saya bawa pulang saja tvnya. Dia bilang, oya mas silahkan. Casing saya tutup lagi dan langsung saya bawa pulang.

Sesampainya dirumah saya coba lanjutkan pemeriksaan kembali. Pemeriksaan masih pada blok primer regulator, mulai dari diode, zener, resistor semua saya angkat dan ganti sama komponen cabutan. Dan ternyata hasilnya masih sama bahkan TV makin susah start. Karena pekerjaan masih belum ada hasil dan makin puyeng juga, akhirnya saya cancel lanjut besok aja.

Hari kedua pemeriksaan beralih pada jalur fedbacknya karena berfungsi mengatur naik turunnya tegangan B+. Saya cek resistor dan zener masih bagus, bahkan sampai penggantian N501 juga masih nihil. Terakhir saya ganti trimpotnya masih juga bandel nggak ada hasil. Waduuuh... jurus apapun di pakek masih nggak mempan juga... kata hati sambil garuk kepala.

Karena pemeriksaan blok regulator nggak ada hasil, apa mungkin kerusakan ada di bagian lain selain regulator....? Tanyaku dalam hati.

Akhirnya saya coba pakai gacun untuk memastikan apakah masalah ada di blok regulator atau yang lain. Gacun pun saya pasang, ternyata bisa start normal dan gambarnya sudah tidak menyempit lagi
alias normal. Pertanyaan saya sudah terjawab sekarang bahwa masalah jelas ada pada blok regulator. Saya nggak mau nyerah disini saja, dan saya makin penasaran ingin menyelesaikannya.

Gacun saya lepas kembali untuk memeriksa komponen regulatornya. Karena memang saya tidak berniat menggunakan gacun sebagai pengganti regulator aslinya.

Pemeriksaan demi pemeriksaan saya lakukan, dan akhirnya sayapun mendapati satu komponen mungil yang menjadi penyebabnya yaitu resistor R553 5,6 KΩ yang sudah short. Letaknya dekat trimpot yang menjadi penghubung antara salah satu kaki trimpot ke ground.

Letak resistor R553 5,6 KΩ

Setelah saya ganti dengan resistor R553 5,6 KΩ dari hasil cabutan, TV saya coba nyalakan dan... jbreeet... TV langsung bisa start dan gambarnya pun normal nggak menyempit lagi. Saya cek tegangan B+ 109 volt saya rasa cukuplah, dan lainnya juga normal. TV saya nyalakan sekitar 1 jam dan dan tidak ada masalah lagi. tutup belakang saya pasang lagi. Saya SMS pemiliknya supaya mengambil tvnya karena sudah beres dan tentunya saya bisa gajian juga.

Sebenarnya kerusakan TV Cina Gambarnya Menyempit Karena Tegangan Drop, bukan semata-mata karena resistor R553 saja yang short. Bisa jadi kerusakan ada pada komponen lain sebagai pendukung regulator. Tapi minimal tips diatas bisa menambah pengetahuan anda tentang salah satu cara memperbaiki gambar tv yang menyempit bahkan susah start akibat tegangan output regulator yang drop.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "TV Cina Gambarnya Menyempit Karena Tegangan Drop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel