-->

Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara

Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara

Kemarin siang ada tetanggan saya bawa power amplifier rakitan yang rusak dengan keluhan tidak ada suara sama sekali. Biasanya hal pertama yang saya lakukan adalah menghubungkan speaker pada jack output untuk melihat apakah suara memang benar-benar tidak ada. Pemeriksaan lainnya adalah memeriksa tegangan DC output di speaker output jack. Disini tidak boleh ada tegangan DC dan saat pengekan terukur ada tegangan 24 volt DC. Itu artinya transistor daya internal sudah korsleting.

Power amplifier tidak ada suara

Dari pemeriksaan fisik sementara, saya menemukan dua elco kecil sudah kembung, beberapa resistor terbakar. Jika sebuah resistor ditemukan terbakar, ini berarti transistor penguat daya utama juga akan korsleting. Benar saja, ketika saya ukur dengan multitester, kaki BCE transistor final sudah pada sambung semua. TR finalnya adalah TIP 2955 dan 3055. Dari pengalaman sebelumnya, jika sekali Anda telah menemukan transistor final pada power sudah korsleting, Anda juga harus memeriksa semua komponen di sekitar sirkuit tersebut yang terkait.

Setelah cek satu persatu komponen power, saya menemukan banyak komponen yang sudah rusak, short dan hangus terbakar. Power amplifier ini adalah 150 watt stereo. Saya hitung ada 8 komponen secara keseluruhan yang rusak. Setelah saya ganti semua komponen yang rusak tadi, waktunya tes, dan power amplifier sudah bisa berbunyi. Colokkan jack dari CD player suara sudah normal.

Jika anda mendapati kerusakan power amplifier seperti ini, "TR final terbakar" jangan hanya mengganti TR tadi saja. Apalagi jika sudah terlihat ada komponen yang gosong atau pecah. Periksa dulu komponen pendukung yang lain, kemungkinan besar pasti yang rusak, misalnya elco dan diode.

Semoga tips singkat tentang cara Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara bisa bermanfaat untuk anda.

terima kasih.

18 Responses to "Memperbaiki Power Amplifier Tidak Ada Suara"

  1. Bermanfaat sekali artikelnya.. Mau tanya mas, saya ada amplifier tidak keluar suara sma skali saat dihubungkan ke speaker via speaker output, tapi out yg via rca di ampli keluar suara semua normal dan semua input via rca normal semua mas.. Sya nggak ngerti soal electronika, apa yg harus dicek dulu mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu power tanpa tanpa input, sentuh sentuh komponennya apakah masih bisa berbengung, jika masih bisa dengung biasanya tone control bermasalah. Hal sepele bisa juga terjadi potensio vol/master sudah rusak.

      Delete
  2. Mas amplifer saya kok kadang hidup kadang engak dan sering mengeluarkan bunyi "Dug Dug"dan"krsek krsek"mohon bantuanny mas?

    ReplyDelete
  3. malam bos , power ane ocl 150w dan suara kaya terbendung gk lepas gitu terus kaya ada suara radio , apa nya yg rusak , apa ada yg koslet??

    ReplyDelete
  4. Ep 2500 ngga ada suarah terus sekring'nya putus masalah'itu apa'yaaa???

    ReplyDelete
  5. Permisi mas, saya mau bertanya nih
    Amplifier saya awal nya gak ada suara, dan setelah saya perbaiki malah kd berdengung keras. Kira2 apa ya kerusakan nya mas
    Mohon jawaban mas

    ReplyDelete
  6. Mo tanya jack rca input suaranya sangat kecil kenapa yah ? Mohon dibantu terimakasih

    ReplyDelete
  7. Info yang bermanfaat dan mudah di pahami salam Solder Panas

    ReplyDelete
  8. Kalau power ocl suara nya gak keluar dari input kira kira apa nya bos saya sudah cek bagian R driver nya dioda nya elco nya semua normal termasuk T pinalnya minta solusinya

    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Mau tanya kalau suara hilang itu penyebabnya apa??

    ReplyDelete
  10. Bos mau tanya..saya kan baru beljar ngerakit kit amplifier..udah nyala semu bloetothnya udah konek..koq suaranya gak bisa keluar ke speaker ya.knapa ya mohon bantuanya Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Bang ampli saya pertamanya dengung waktu diplay musik masih bisa pd saat itu" tetapi posisi sekarang ampli benar benar tidak bisa keluar suara pdhl led nyala

    ReplyDelete
  12. Driver power 400 watt aq tiba2 mati total gara2 waktu aq nyalain powernya tidak aq hubungkan ke speaker.mohon jawabannya itu matikah SANKEN & semua komponen dalam rangkaian drivernya?

    ReplyDelete
  13. Mas mau nanya saya beli kit power aktif 150watt kok suaranya keluar suara cuit.. kira kira apanya ya mas...

    ReplyDelete
  14. Mas klo kliru masang kebalik tgangan +_ pd ampli..yg rusak dan perlu dibenai komponen apa sj...? Tq

    ReplyDelete
  15. Ini bukan tutorial melainkan curhat๐Ÿ™„๐Ÿ™„๐Ÿ™„

    ReplyDelete
  16. Mau tanya pak, power awal normal nyala output speaker bagus, saya lepas sekring buat ganti power 1 nya , ternyata beda , kemudian saya pasang lagi sikringnya. Saya hidupkan gak ada suara yg keluar ke speaker , bagaimana solusinya , terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel