-->

Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala? Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaiki

Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala? Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaiki. Artikel selingan, merambah ke dunia pendingin he..he.. Gak kok, cuma sebagai selingan untuk menambah ilmu saja. Yaitu langkah memperbaiki kulkas tidak dingin, tapi lampu menyala. Beberapa kala yang lalu, pas ulang duduk istirahat, datanglah seorang minta tolong untuk memperbaiki kulkasnya tiba-tiba tidak mampu dingin. Niat hati mendambakan mendukung untuk memperbaiki, tapi saya belum menguasai perihal perbaikan kulkas. Mau saya tolak, tapi ada keinginan untuk belajar, menjadi dengan terpaksa saya menerima untuk memperbaikinya, biarpun modal pengalaman belum ada he..he.. Yang ada modal nekat..he..he.. Bagaimana lanjutan cerita ini, apakah berujung keberhasilan ataukah tambah kegagalan? Simak lebih lanjut ya.

Karena belum ada modal pengalaman, maka sebagai modal awal adalah nekat. Intinya kita coba untuk cek dulu semampu kita. Cek berasal dari perihal yang paling enteng dulu, kecuali telah mentok, ya berkenan tidak berkenan kita bilang saja kecuali tidak mampu dan belum mampu untuk memperbaikinya. Beres kan he..he.. Yang penting bisnis dulu, hasil akhir serahkan pada Alloh. Karena dasar saya sesungguhnya bukan ke pendingin, menjadi ya harap maklum kecuali pembahasan menjadi agak aneh. Lah ahlinya di audio disuruh njelasin kulkas, gak nyambung kan he..he.. Tapi menurut saya tidak masalah. Semua itu mampu dipelajari asal kita berkenan belajar.

Karena yang diperbaiki adalah kulkas, maka alat perang yang saya bawa tidak solder lagi, tapi obeng, tang besar, tespen. Semua alat telah dibawa, saatnya berangkat ke rumah orang yang memiliki kulkas tadi. Setelah tiba dirumah orangnya, saya tanya rangkaian rusaknya kulkasnya. Kayak polisi aja he..he.. Ya makin banyak informasi yang kita mampu berasal dari orangnya, maka dapat makin mengetahui titik rusaknya yang dapat kita perbaiki. Nah berasal dari penjelasan yang saya dapat, bahwa kulkas ini sebelum rusak, masih mampu dipakai normal. Tapi katanya sesudah ditunaikan defrost dan pembersihan, tiba-tiba kulkasnya tidak mampu dingin lagi. Dalam keadaan ini lampu kulkas masih menyala. Dan berasal dari penjelasan orangnya lagi, bahwa kulkasnya pada kala normal itu dengung atau bergetar kompresor terasa. Nah pada kala rusak ini getaran kompresor tidak ada dan kadang ada getaran kompresor, tapi cuma sesaat kemudian mati lagi. Analisa saya segera tertuju pada kompresor.

Pada sebuah kulkas ada beberapa sensor yang dipasang untuk mengontrol suhu dan ada terhitung sensor sebagai pengaman kompresor. Sensor suhu adalah thermostat dan sensor pengaman kompresor ada dua yaitu Overload dan PTC Relay. Nah kinerja kompresor ini dikendalikan dan dikontrol oleh ketiga alat sensor tadi. Jika keliru satu berasal dari ketiga sensor tadi bermasalah, maka kinerja kompresor pun terhitung dapat terganggu. Meskipun sesungguhnya ada rusaknya teknis lain yang sesungguhnya bukan keahlian saya untuk menjelaskan yaitu rusaknya yang berhubungan dengan kebocoran freon, dll tidak saya jelaskan disini. Di posting ini saya cuma beri tambahan sedikit informasi dan tips enteng untuk memperbaiki kulkas yang tidak dingin berasal dari perihal yang paling mudah. Yaitu mengecek dan memperbaiki sistem kontrol berasal dari kompresor ini. Jika seluruh sensor kontrol telah diperbaiki, tapi kulkas masih tidak mampu dingin, maka rusaknya lain bisa saja saja mampu terjadi. Dalam perihal ini kita perlu dukungan teknisi kulkas untuk memperbaikinya. Sebelum kamu bawa ke tukang kulkas, kita mampu mengeceknya dahulu he..he.. Siapa mengetahui bisa.

Lanjut ke kontrol kulkas tadi. Pengecekan awal saya melakukan dengan memutar setelan suhu kulkas ke posisi paling dingin, dengan target agar kompresor dipaksa untuk menyala lebih lama sekaligus mengecek thermostatnya normal tidak? Setelah dicoba setel ke paling dingin, kompresor sempat menyala, tapi cuma sebentar kemudian mati lagi. Sebelum mengecek atau membongkar thermostat ini, kita cek dulu sensor pengaman lainnya yaitu Overload dan PTC Relay kompresor. Kedua sensor ini tempatnya melekat ada di bodi kompresor, ditutup plastik sebagai pelindung agar tidak kesetrum. Kedua alat ini tidak tampak berasal dari luar, menjadi kudu terhubung penutupnya dulu untuk memandang overload dan PTC Relaynya. Berkut letak Overload dan PTC Relay kompresor kulkas.


Silahkan memandang gambar diatas. Ada tonjolan kotak disamping kiri bodi kompresor. Didalam kotak itulah posisi overload dan ptc relaynya. Jadi kudu dibuka dulu untuk melihatnya. Bagaimana langkah terhubung penutup itu? Kotak penutup itu ada semacam penjepit besi sebagai penjepit kotak selanjutnya agar terkunci pada bodi kompresor. Jadi pengunci ini kudu di lepaskan dulu memanfaatkan obeng atau tang kecil. Berikut gambar posisi pengunci tutup overload dan ptc relay kompresor kulkas.



Anda mampu memandang gambar diatas. Ada semacam penjepit besi melingkar ditutup kotak plastik itu. Anda kudu lepas dahulu pejepit itu agar mampu terhubung tutupnya. Berikut penampakan dalamnya posisi overload dan ptc relay sesudah tutup dibuka.



Setelah tutup dibuka, maka dapat keluar dua komponen pengaman kompresor yaitu Overload dan PTC Relay. Dua komponen inilah yang nanti dapat coba saya ganti. Bagaiman bentuk dua komponen ini? Berikut dua gambar penampakan dan sedikit penjelasan berasal dari dua komponen pengaman kompresor ini Overload dan PTC Relay.


Gambar Overload kompresor kulkas
Gambar diatas adalah Overload kulkas. Fungsi berasal dari alat ini adalah sebagai pengaman mesin kompresor. Baik mesin pemompa atau motor penggerak kompresor. Ada dua type overload yaitu pertama type mampu di lepaskan dan juga memakai socket seperti gambar diatas dan ada pula type yang type ditanam segera pada kompresor. Untuk yang type melekat ini, kita mampu menggantinya kecuali berjalan kerusakan. Namun untuk yang type tanam pasti gak mampu diganti. Tapi overload yang type tanam kebanyakan jarang sekali rusak. Overload ini dirancang untuk digunakan dengan dengan PTC Relay, agar lebih aman. Kenapa lebih aman? Karena sesudah kompresor bekerja mensirkulasikan freon, tekanan freon didalam sistem pendingin ini belum merata dan tekanan freon tertinggi berada pada kondensator, agar pada kala ini kompresor dapat sulit restart, disebabkan tekanan yang masih tinggi didalam kondensator tadi. Yang merupakan jalur pertama freon bersikulasi, agar perlu kala agar tekanannya mampu merata dulu, tidak cukup lebih 5 sampai 10 menit. Waktu yang yang memadai agar PTC Relaynya terhitung menjadi dingin dan mampu menghubungkan ke lilitan starting motor kompresor. Motor kompresor pun siap beroperasi kembali.

Kerusakan yang biasa berjalan pada komponen overload kulkas adalah.

Overload Keropos.
Penyebab keropos atau mrotol adalah gara-gara kerap terkena panas, kemudian menjadi putus. Sehingga sebabkan kompresor tidak bekerja, gara-gara tidak ada tegangan yang masuk ke kompresor disebabkan overload rusak. Sehingga tegangan terputus di overload sebelum sampai ke kompresor.

Overload Kotor.
Komponen platina atau bimetal kotor mampu disebabkan gara-gara debu atau kotoran yang melekat di kontaknya. Sehingga arus listrik terkendala atau terputus tidak sampai pada kompresor. Akibatnya kompresor tidak menyala dan kulkas tidak mampu menjadi dingin. 

Platina Overload Tidak Berfungsi.
Ini disebabkan gara-gara berasal dari usia pemanfaatan overload selanjutnya telah lama. Mesin dapat bekerja berkelanjutan biarpun temperatur kompresor terlampau tinggi. Jadi seperti tidak memanfaatkan overload. 

Dari ketiga rusaknya overload diatas, mengetahui tidak mampu kita perbaiki sendiri, tak sekedar kudu mengganti baru komponen overload ini. Pastikan kamu membeli sesuai dengan bentuk overload bawaannya. Jadi kecuali berkenan mengganti overload, bawa contoh aslinya ke toko elektronik, agar mampu overload yang sama.

Gambar PTC Relay kompresor kulkas.

Gambar PTC Relay kompresor kulkas


Gambar diatas adalah gambar ptc relay kulkas. Apa itu PTC? PTC adalah (Positive Temperature Coefficient) adalah alat untuk penghubung kumparan kompresor sementara. Alat PTC ini digunakan nyaris beberapa besar kulkas jaman kini. Ternyata mempunyai kegunaan ganda. PTC relay ini melekat pada pada pin socket kompresor yang didalam keadaan dingin bermanfaat sebagai penghubung antara pin R (Run) dengan S (Start) kala kompresor mengawali beroperasi (Starting). Akan beralih kegunaan sebagai kapasitor kala telah panas sesaat sesudah kompresor bekerja. Nilainya berada di kisaran 8-12 mikrofarad. Keuntungannya kecuali kompresor memanfaatkan relay ini, mengonsumsi energi listrik yang digunakan dapat menjadi lebih rendah. Mirip kecuali kompresor itu memanfaatkan kapasitor running. Meskipun memiliki kelemahan, gara-gara perlu kala beberapa kala untuk mampu restart. Tapi pada sebetulnya PTC Relay lebih safe bagi kompresor, apalagi kecuali digabungkan dengan overload seperti pada gambar no.4.

Diantara dua komponen tadi, ada satu ulang komponen sensor adalah thermostat. Thermostat ini adalah alat untuk sesuaikan dan mengontrol suhu temperatur kulkas. Kerusakan pada alat thermostat ini terhitung mampu sebabkan kulkas tidak mampu dingin. Berikut gambar thermostat kulkas.


Thermostat ini banyak sekali type dan macamnya. Jadi kamu kudu mempunyai contoh thermostat bawaan kulkas untuk dicocokkan, pada kala kamu membeli di toko elektronik. Karena beda fisik dan posisi tempat sekrup bautnya.

Karena didalam penggantian thermostat ini perlu pembongkaran yang agak rumit, maka saya coba penggantian alat overload dan PTC Relay kompresor dulu. Dari pengamatan fisik alat overload telah keluar pecah bodinya, saya ubah baru saja. Dan pada fisik PTC Relay masih keluar bagus, tapi selalu saya melakukan penggantian baru. Dan sesudah penggantian dua komponen ini. Akhirnya kulkasnya mampu dingin kembali, dengan ditandai getaran kompresor kulkas telah terasa. Berarti kompresor telah bekerja. Test beberapa saat, cek ruangan frezer telah menampakan gejala pendinginan. Perbaikan pun selesai. 

Walaupun tidak mempunyai pengalaman didalam perihal perbaikan kulkas, dengan jurus nekat dan berani coba-coba, selanjutnya mampu terhitung memperbaiki kulkas. Meskipun didalam step pemula dan belajar. Semoga dengan sedikit infomasi Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala? Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaiki berasal dari posting ini, sedikitnya kita mampu melakukan kontrol atau perbaikan kecil-kecilan dahulu, sebelum kita bawa ke tukang kulkas. Jika telah melakukan tahapan diatas, ternyata kulkas masih tidak mampu dingin, bermakna ada rusaknya lain yang tidak mampu kita perbaiki sendiri dan perlu perbaikan ahli yang berpengalaman. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala? Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaiki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel